Coba Berkendara Ferrari 12Cilindri di Indonesia, Mesin 830 Tk

Mengemudi mobil super yang dikenal dengan kekuatannya memang menjadi pengalaman tak terlupakan. Salah satunya adalah Ferrari 12Cilindri, atau dalam bahasa Italia disebut Dodici Cilindri. Mobil ini menawarkan kombinasi sempurna antara performa tinggi dan kenyamanan untuk perjalanan jauh.
Pengenalan Ferrari 12Cilindri
Ferrari 12Cilindri diluncurkan di Indonesia pada 20 Maret 2025 dan langsung mendapat sambutan hangat dari para penggemar otomotif. Bahkan, hanya dalam waktu singkat setelah peluncuran, sebanyak 15 unit sudah dipesan. Mobil ini merupakan penerus dari Ferrari 812 Superfast, yang dibangun di atas platform aluminium dengan mesin depan dan tengah (front and mid engine).
Grand Tourer atau GT ini dirancang untuk perjalanan jauh yang menyenangkan. Dengan kapasitas bagasi 270 liter, mobil ini mampu membawa koper berukuran sedang serta tas ransel untuk keperluan liburan. Tangki bahan bakarnya juga cukup besar, yaitu 92 liter. Jika diisi full menggunakan Shell V-Power Nitro+, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 1,2 juta. Menurut klaim Ferrari, konsumsi BBM mobil ini sebesar 6,45 km/liter, sehingga bisa digunakan untuk perjalanan hingga 593 km dengan sekali pengisian BBM.
Kenyamanan dan Teknologi di Dalam Kabin
Posisi berkendara pada Ferrari 12Cilindri sangat rendah, dengan setir yang bisa diatur tilt dan teleskopik. Hal ini memudahkan pengemudi untuk menemukan posisi terbaik. Jok model balap memberikan kenyamanan yang baik, bahkan bagi pengemudi dengan tubuh besar. Interior mobil ini juga mengadopsi desain dual-cockpit seperti pada Ferrari Roma, Roma Spider, dan Purosangue.
Material jok menggunakan Alcantara yang mengandung 65% polyester daur ulang, menjadikannya ramah lingkungan. Di dalam kabin, Ferrari memperkenalkan Human Machine Interface (HMI) baru yang terdiri dari tiga layar. Fungsi-fungsi mobil dapat dikontrol melalui layar monitor tengah berukuran 10,25 inci. Informasi untuk pengemudi ditampilkan di layar 15,6 inci, sedangkan penumpang depan dapat mengakses layar 8,8 inci. Meski membutuhkan sedikit adaptasi, tombol-tombol haptic di kemudi dan pengaturan di layar monitor tengah terasa intuitif.
Performa Mesin yang Menggemparkan
Dengan nama yang mengandung kata "12Cilindri", mobil ini dilengkapi mesin V12 naturally aspirated. Mesin V12 6.500 cc ini diambil dari versi balap 812 Competizione yang memiliki tenaga sebesar 830 dk. Suara mesinnya yang menggelegar membuat pengalaman berkendara semakin menarik.
Mesin ini dipasangkan dengan transmisi Dual Clutch 8-speed yang responsif. Dari awal, mobil langsung merespons cepat saat pedal gas diketuk. 80% dari torsi sebesar 678 Nm sudah terasa sejak 2.500 rpm. Meskipun mode berkendara diatur ke Wet karena jalanan basah akibat hujan, mobil tetap stabil dan siap digunakan.
Tidak ada nyali untuk beralih ke mode Sport, Race, atau bahkan mematikan Traction Control. Namun, jika berani, mobil ini bisa diajak menjerit hingga 9.500 rpm berkat komponen internal berbahan titanium yang ringan dan software hasil adopsi dari 812 Competizione.
Responsif dan Stabil
Kemudi mobil ini sangat presisi dan responsif, memberikan umpan balik yang baik kepada pengemudi. Suspensi mobil juga memberikan peredaman yang halus, namun tetap menjaga stabilitas berkendara yang tinggi. Ini menjadikannya cocok untuk perjalanan jauh maupun kecepatan tinggi.
Harga yang Menggoda
Ferrari tidak pernah mengungkap harga resmi mobil-mobilnya. Namun, kabarnya, mobil dengan spesifikasi seperti yang dicoba ini bisa dihargai sekitar Rp 19,5 miliar. Harga yang fantastis ini menjadikannya sebagai salah satu mobil mewah yang langka dan bernilai tinggi.
Posting Komentar