-->

An inspiration to share

Iklan

Link Banner

Memeriksa Website, Apakah bisa diakses atau tidak ?

Adin
Kamis, 07 Juli 2011, Kamis, Juli 07, 2011 WIB Last Updated 2011-07-07T03:31:53Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Cara Memeriksa Website



     Ada kalanya kita resah jika website kita tidak dapat diakses di Pc atau laptop kita padahal server hosting tidak ada masalah begitupun domain tidak ada masalah.lalu???
     Anda tidak perlu resah bila website Anda atau ada sebuah web tidak dapat diakses dari tempat Anda atau menggunakan koneksi Anda. Permasalah bisa atau tidak bisa diakses sebuah web dari jaringan (ISP) yang kita gunakan, bukanlah hal baru dalam dunia internet. Keterbatasan server DNS ISP (speedy, first media, telkomselflash, xl, dll), tidak sinkronnya koneksi antar lintas gateway, pengaturan yang salah untuk zone DNS dari sebuah hosting , dll dapat menyebabkan kita tidak dapat mengakses sebuah web.
Ada beberapa cara untuk memeriksa, apakah sebenarnya server hosting web kita yang bermasalah atau koneksi ISP (speedy, first media, telkomsel flash, dll) kita yang bermasalah. Bagi orang awam selalu yang “disalahkan ” adalah server hosting web atau webnya itu sendiri, padahal tidak seluruhnya hal tersebut disebabkan oleh server  hosting atau web yang bermasalah.
Untuk memeriksa masalah seputar koneksi dan masalah akses web ini, kita haruslah punya data teknis guna dijadikan acuan untuk mempertanyakan kepada yang bersangkutan, ISP kah ataukah Pengelola server.
Berikut adalah alat bantu teknis yang dapta kita gunakan untuk memeriksa apakah server hosting yang bermasalah ataukah jaringan internet ISP kita yang beramasalah :
  1. http://anonymouse.org/anonwww.html , coba kunjungi situs ini, masukkan domain Anda dan klik button surfa nonymously, bila web Anda bisa terbuka berarti tidak ada masalah dengan site Anda.
  2. http://www.dontfilter.us/ , coba buka dan kunjungi situs ini masukkan domain Anda pada isian dibawah, lalu klik GO
  3. http://downforeveryoneorjustme.com/ , coba akunjungi situ ini, masuk domain Anda dan periksalah (klik just me ? ), hasilnya akan menginformasikan apakah hanya kita yang tidak bisa mengakses web tersebut atau kah semua orang.
  4. http://alertra.com/ , coba kunjungi web tersebut, masukkan url Anda misalnya http://namadomain.com (isian dibagian kanan atas), lalu klik button check. Hasilnya akan menginformasikan OK atau tidak. (informasi akses dari beberapa negara)
Dari informasi tersebut bila memang OK, artinya terdapat masalah koneksi dari ISP menuju domain tersebut, coba lakukan beberapa langkah yang mungkin dapat membantu merefresh ingatan ISP atas dimain yang tidak dapat diakses :
  1. Refresh browser!
  2. Hapus file-file temporary internet di komputer lokal (harddisk)
  3. Coba gunakan komputer yang lain.
  4. Coba gunakan komputer lain dan dengan ISP lain (atau melalui warnet)
DAN atau LALU Bila informasi dari 3 web diatas yang kita gunakan tersebut menunjukkan hasil baik, maka tidak usah khawatir web Anda tidak bisa dibuka ditempat orang lain, karena hanya koneksi ISP Anda yang sedang bermasalah (biasanya sih ISP kalau di tanyakan masalah ini tidak mengerti atau pura pura tidak mengerti ;)untuk  menghindari komplain pelanggan)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Komputer

+