-->

An inspiration to share

Iklan

Link Banner

Cara Install aplikasi Symbian S60

Adin
Jumat, 09 September 2011, Jumat, September 09, 2011 WIB Last Updated 2011-09-09T09:49:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
     Kali ini saya coba posting permintaan sahabat saya yang meminta Artikel untuk install aplikasi symbian Yang walapun sudah banyak ketinggalan.karena banyak sekali aplikasi Blackberry yang sudah di cari kebanyakan orang Namun kadang ada juga Aplikasi Symbian yang beredar saat namun masih juga kita bingung untuk instalasinya.Perlu diperhatikan bahwasanya aplikasi symbian sangat bias mengikuti zaman dikarenakan aplikasinya selalu mendukung selama pembuat aplikasinya masih ada.namun sangat disayangkan andai pembuat aplikasinya tidak berminat lagi dengan symbian.
     Handphone bersistem operasi Symbian sangat banyak, akan tetapi cara install dan uninstall aplikasi & gamenya hampir sama, yang terpenting dalam sebuah instalasi yaitu ketersediaan memori pada handphone kita, Lalu kecepatan prosesor hingga kompabilitas handphone terhadap aplikasi yang akan di-instalkan.Penempatan hasil aplikasi yang baik adalah untuk aplikasi yang berhubungan dengan desktop dan filling system, sebaiknya diinstall pada memori internal, sementara aplikasi yang berhubungan dengan konten seperti pemutar musik, video hingga aplikasi hiburan/games disarankan untuk menginstal di memori eksternal (MMC)dikarenakan apabila diinstal pada memory handphone maka terjadi hang/lemot dikarenakan terbatasnya memory handphone.Sistem operasi Symbian menggunakan file berekstensi *.sis (biasanya juga didukung oleh aplikasi java *.jar & *.Jad).
Untuk itu tidak menunggu lama saya coba berbagi cara install symbian diantaranya dari 
  • cara install mengunakan Bluetooth
  • MENGGUNAKAN INFRAMERAH
  • MENGGUNAKAN CARD READER --> KARTU MEMORI
  • INSTALL LANGSUNG TANPA MELALUI PROSES INTALASI
  • MENGGUNAKAN SITUS UPLOADER


Menggunakan Bluetooth

Misal : akan menginstal aplikasi “FExplorer_english_115.sis”, (pastikan koneksi antara bluetoot di computer Anda dan di HP sudah tersambung dengan baik. biasanya cara instalasinya diterangkan di CD blutootnya)






1. Silahkan Copy file “FExplorer_english_115.sis”,

Lalu"paste" kan jendela Bluetooth yang sudah terbuka, file terkirim






2. Setelah itu di Hanphone akan ada notifikasi pesan baru seperti sms





3. Buka pesan tersebut, Jika hanya 1 aplikasi yang dicopykan, maka proses instalasi akan otomatis berlangsung, tekan “Ya”
















4. Pilih pasang, tekan Ya













5. Pilih memori yang akan di pakai, lalu tekan Ya dan Ya










6. Instalasi berjalan, setelah selesai maka aplikasi siap digunakan




MENGGUNAKAN INFRAMERAH
1. Pastikan hubungan antara IRDA di komputer dan IRDA di HP tersambung dengan baik










lihat notifikasi muncul di bawah kanan (saya cobakan dengan nok 3230)

2. Pilih aplikasi yang akan di install, klik kanan pada aplikasi tersebut, pilih “Send to” dan pilih “A nearby computer”




3. Aplikasi diterima di HP dengan notifikasi pesan dari infra red 





4. Install aplikasi seperti cara di atas

MENGGUNAKAN CARD READER --> KARTU MEMORI

1. Lepas KARTU MEMORI yang ada di HP dan masukkan ke CARD READER










2. Pilih file yang akan di INSTALLCopy file tersebut, lalu “paste” kan ke KARTU MEMORI




3. Lalu pasang kembali KARTU MEMORI ke HP, pilih "menu"Cari file manager biasanya di “peralatan/tools” “file mgr”Pastikan posisi pembacaan file pada KARTU MEMORI, pilih aplikasi yang telah kita masukkan.




4. Install seperti cara yang di atas

INSTALL LANGSUNG TANPA MELALUI PROSES INTALASI
1. Pilih file yang akan dipasang, (saya contohkan aplikasi game)





2. Lalu buka program UnMakeSIS.v.0.21 (bisa dicari di search engine)




3. Buka file yang akan diinstal 







4. Maka struktur file-file pembentuk aplikasi game “aspalt” akan ditampilkan semua
5. Pilih “extract files”
6. Maka di folder tempatnya file game aspalt akan bertambah, direktori "system" beserta isi file-file dari game "aspalt"
7. Pindah/copy isi dari folder "system" ke KARTU MEMORI, disesuai dengan folder induknya “System” “Apps” "asphalt2"8. Setelah selesai pasang KARTU MEMORI, dan game siap dimainkan


MENGGUNAKAN APLIKASI InstantSis
Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirimkan aplikasi tanpa harus ada file mentahnya (masternya)
1. Install InstantSis ke HP yang akan dicopy aplikasinya
2. buka InstantSis, akan muncul susunan aplikasi yang terinstal di ponsel, beserta tempat aplikasi itu terinstal.
3. Pilih salah satu dan tekan option lalu kirimkan dengan koneksi bluetooth atau infrared.
4. Aplikasi akan diterima oleh ponsel tujuan di dalam inbox sebagai file raw bukan berformat *.sis.
5. Instal file tersebut, selesai
MENGGUNAKAN SITUS UPLOADER

1) Masuklah ke website
http://pcs,cruz-network.net atau http://www.euploader.com atau http://imserba.com/wapupload2) setelah itu tinggal upload file yang akan kita instalkan ke HP3) setelah selesai kita akan mendapatkan code yang akan digunakan untuk mendownload file langsung lewat ponsel.
Contohnya :
1. Masuk http://pcs,cruz-network.net, akan dijumpai tampilan yang terbagi menjadi dua, yang sebalah kanan untuk upload game & Java, yang sebelah kiri untuk upload image, screen saver, mp3 dan video
2. Klik tombol "browse"saat jendela baru muncul, pilih file yang akan kita upload, kemudian tekan double klik.
3. Kosongkan kolom "recipient", tambahkan informasi di "File title"
4. Setelah selesai klik "Senf File", anda akan mendapatkan jump code berupa 6 digit angka. catat code tersebut karena digunakan untuk kunci mendownload file ke ponsel.
5. Buka internet di HP, masukkan alamat http://pcs,cruz-network.net/jump.php
6. Masukkan jump code yang sudah dicatat, kemudian klik "get file"7. Tunggu saja setelah muncul di ponsel, siap untuk di install
Uninstall Aplikasi / games yang sudah kita installkan
1. Masuklah ke menu "Tool" kemudian pilih "Manager"
2. Setelah terbuka akan tertampil semua aplikasi yang telah diinstallkan (untuk aplikasi yang diinstall menggunakan UnMakeSIS.v.0.21 tidak akan muncul, jadi cara menghapusnya langsung dari MMC))
3. Pilih aplikasi yang akan di hapus
4. Tekan tombol "option", pilih "remove" terus tekan "Yes", selesai

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika meng-install software pada ponsel dengan Symbian OS. Kemampuan transfer data yang kurang optimal terkadang membuat sebuah program berjalan lebih lambat atau bahkan terjadi kerusakan minimal karena waktu loading yang lama. Ini tentu saja dikarenakan beberapa program harus mengambil resource dari memori internal.

Begitu pula dengan tersedianya memori yang relatif lebih kecil karena ukuran mobile device relatif kecil. Oleh sebab itu, disarankan agar aplikasi yang berhubungan dengan sistem sebaiknya di-install di memori internal pada ponsel. Contoh aplikasi ini adalah File Manager, Multimedia Player, theme, Internet Browser, dan sejenisnya. Aplikasi seperti ini biasanya mengalami gangguan bila di-install pada memori eksternal sehingga dapat merepotkan nantinya.
Misalkan, Program Netfront dan Opera. Karena ukuran file-nya yang besar, waktu loading akan menjadi lebih lama bila dijalankan dari memori eksternal, dan sistem yang tersedia cenderung corrupt, terlebih bila program tersebut dikompresikan.

Aplikasi yang tidak terlalu penting seperti game, tool-tool tambahan, file audio/video, dan dokumen, sebaiknya diletakkan pada memori eskternal. Karena dengan cara ini bisa menghemat penggunaan memori internal untuk software yang lebih perlu.


Semoga bermanfaat 
tanks for: medoho.blogspot.com

Komentar

Tampilkan

Terkini

Komputer

+